Tips Berbisnis Online Sehat

Ketika membaca judul artikel ini mungkin anda akan jadi penasaran apa yang dimaksud dengan bisnis online yang sehat? bisnis online yang sehat adalah bisnis yang dijalankan dengan jujur. Memangnya ada bisnis online yang dijalankan dengan tidak jujur? tentu saja ada, begini ilustrasinya. Jika anda pernah browsing dan menemukan situs yang menawarkan sebuah bisnis yang mengaku bisa membuat anda menjadi jutawan dalam waktu yang sangat singkat sementara TIDAK ADA satupun produk yang dijual maka anda perlu berhati-hati karena anda mungkin telah menemukan situs yang menawarkan bisnis online melalui proses perputaran uang yang disetting sedemikian rupa sehingga terkesan seperti sebuah MLM dengan membuat jaringan-jaringan afiliasi (mencari member-member baru). Apakah ini tidak sehat? ya, tentu saja! karena bisnis yang dijalankan ini sebenarnya hanya sekedar memutar uang dari para member di bawah untuk member-member diatasnya.

Apa yang membuat bisnis online dengan model seperti ini tidak sehat?
1. tidak ada produk yang dijual, (barang ataupun jasa)
2. tidak ada unsur jual beli, karena memang tidak ada barang yang dijual

Banyak diantara kita mungkin masih bertanya-tanya adakah bisnis online yang benar-benar sehat? tentu saja ada, bahkan banyak. Menurut saya dari sekian banyak bisnis online, sebenarnya perbandingan antara bisnis online yang sehat dan yang tidak sehat tetaplah didominasi oleh bisnis online yang sehat. Hanya saja masih banyak diantara kita yang kurang percaya dengan model jual beli melalui dunia maya. takut ditipu, barang tidak dikirim ataupun barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Sekedar untuk berbagi pengalaman saja, saya pernah memesan barang secara online di salah satu pabrik textile (Home Industri) di Jakarta. Dan kebetulan barang tersebut tidak disertai dengan foto yang jelas (memang kesalahan saya juga sih) setelah melalui proses tanya jawab via SMS akhirnya saya memesan beberapa lusin pakaian anak. Dijanjikan 3 s/d 4 hari barangnya datang, dan benar saja pada hari keempat pakaian-pakaian pesanan saya datang. tapi bukan perasaan puas yang saya dapatkan, malah perasaan kecewa yang saya rasakan begitu pesanan saya datang karena banyak sekali barang-barang yang kualitasnya sangat mengecewakan. Sejak saat itu akhirnya saya lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi pembelian secara online.

Berikut ini adalah beberapa bisnis online sehat yang dapat saya rangkum:
1. menjadi afiliasi franchise dengan produk yang jelas
2. menjadi penayang iklan atau publisher (pilihlah perusahaan yang jelas untuk menghindari terjadinya SCAM). berikut ini beberapa daftar perusahaan yang benar-benar bonafit dan terpercaya (pembayaran selalu dibayarkan sesuai dengan hak publisher kecuali ada unsur-unsur terjadinya pelanggaran TOS): Google Adsense, ClickBank, Chitika, dll
3. menjual sendiri produk-produk anda secara online melalui blog ataupun FB / situs jejaring sosial yang lain

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum membeli produk secara online adalah:
1. alamat pengiklan (penjual)
2. foto dari barang yang dijual
3. adanya penunjang untuk tanya jawab (SMS, e-mail, dll)
4. kepastian barang terkirim atau tidak

Nah jika anda ingin memulai berbisnis online, maka sebaiknya anda perlu mempertimbangkan beberapa tips diatas agar anda tidak menjadi korban penipuan. Bisnis online memiliki lahan yang begitu luas, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Jika anda dapat memaksimalkan potensi tersebut maka keuntungan yang bisa anda raih tentulah sangat tinggi.

0 comments:

Followers